Tips Mengatasi Smartphone yang Boros Baterai

Smartphone yang ada di sekeliling kita saat ini memiliki banyak sekali dampak dalam kehidupan, mulai dari dampak positif maupun dampak negative. Dampak positif yang diberikan tentu dari segi kemudahan informasi dan interaksi dengan berbagai macam kalangan di dunia internet, dan dampak negativenya ditinjau  dari segi kesehatan contohnya dapat mengganggu kesehatan mata, selain itu juga radiasi smartphone juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh lainnya. Selain itu, permasalahan yang kerap  terjadi pada smartphone juga sangat banyak sekali sebanding dengan dampak yang diberikan, salah satunya adalah masalah smartphone yang boros baterai, untuk mengatasi masalah tersebut di bawah ini akan diberikan beberapa tips mengatasi smartphone yang boros baterai :


1. Perhatikan aplikasi apa saja yang ada dalam smartphone 

Banyaknya aplikasi yang di install tentu saja membuat RAM smartphone kamu akan penuh dan berdampak pada baterai, sehingga konsumsi daya baterai akan sangat boros. Usahakan untuk meng install aplikasi yang memang penting dan sering digunakan. Selain itu juga yang harus kamu perhatikan adalah aplikasi di belakang background yang diam-diam berjalan, inilah salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis.

2. Jangan gunakan live wallpaper

Wallpaper yang bergerak memang sangat indah dan menarik, namun tahukah kamu bahwa sebenarnya wallpaper semacam ini membuat smartphone boros baterai. Karena, meskipun smartphone yang kamu miliki dalam keadaan tidak digunakan namun wallpaper tersebut tetap bergerak dengan menggunakan daya baterai.

3. Atur pencahayaan pada smartphone 

Pengaturan pencerahan juga sangat berpengaruh untuk smartphone. Tips mengatasi smartphone yang boros baterai ini salah satunya adalah dengan meredupkan cahaya layar samartphone, karena semakin terang cahaya maka semakin banyak juga daya baterai yang digunakan.

4. Gunakan charger ori 

Mengenai tips mengatasi smartphone yang boros baterai terakhir ini, charger menjadi salah satu faktor penting, karena sebenarnya charger ori dari smartphone  sudah dibuat khusus sesuai dengan smartphone yang kamu miliki sehingga jika memang kamu menggunakan charger universal dan daya baterai tetap terisi tetap saja akan memberikan dampak negative untuk baterai itu sendiri.

Itulah beberapa tips mengatasi smartphone yang boros baterai semoga bermanfaat.