Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bersuara

Di era modern sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki laptop, namun tidak semua orang tentunya mengetahui cara mengatasi nya jika terjadi masalah-masalah yang muncul di laptop mereka. Contoh masalah yang sering terjadi, yaitu laptop tidak bersuara.

Jika hal ini terjadi pada laptop kamu, bagaimana cara kamu mengatasi nya? Jika kamu tidak mengetahui caranya, kamu harus membaca artikel ini hingga tuntas. Karena suara merupakan hal yang cukup penting pada laptop. Misalnya saja kamu ingin menonton film atau hanya sekedar mendengarkan musik, tentu sangat perlu mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptop.

Berikut cara mengatasi laptop yang tidak bersuara.


1. Menginstall driver sound card

Driver yang tidak cocok dengan kartu grafis bisa jadi penyebab terjadi masalahnya ini. Ketidak cocokan ini menyebabkan kartu grafis tidak dapat menangkap dan memproses informasi suara dari aplikasi yang dijalankan. Nah cara untuk mengatasinya yaitu dengan menginstall driver sound card yang kamu miliki dengan benar dan tepat. Apabila kamu tidak menginstallnya dengan benar maka sound cardmu tidak akan berfungsi dan laptop mu tidak akan bersuara sama sekali. Jangan lupa untuk install driver sesuai bit laptop kamu ya.

2. Mengganti atau mengubah soundcard atau kartu suara laptop

Soundcard digunakan untuk menerima instruksi dari prosesor untuk menghasilkan suara dengan bunyi-bunyi tertentu. Perangkat ini tugasnya mengonversi input data digital menjadi sebuah suara yang dikeluarkan lewat speaker. Saat perangkat kartu suara rusak, suara tidak akan bisa di proses. Letak dan jenis kartu suara bermacam – macam sesuai merk atau tipe laptop yang ada di pasaran. Maka dari itu, kamu harus tahu jenis kartu suara apa yang laptop kamu miliki.

3. Mengganti atau mengubah speaker di laptop kamu

Speaker yaitu bagian laptop yang mengeluarkan suara setelah diproses oleh kartu suara. Jika laptop tidak bersuara, bisa jadi karena bagian speaker yang rusak. Silahkan ganti speaker tersebut jika benar benar bermasalah dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Menginstall kernel yang cocok atau sesuai

Jika kamu menggunakan sistem operasi GNU/Linux kemudian kernel yang kamu pakai tidak sesuai dengan sistem operasi yang kamu miliki atau terdapat bug di aplikasi itu akan menjadi penyebab  masalah tentunya. Nah untuk menanganinya dengan cara menginstall kernel yang tepat dan sesuai. Download variasi kernel yang sesuai di berbagai repositori online, atau memakai aplikasi Ukuu-GTK.

5. Menginstall Codec

Tidak adanya codec yang tepat untuk membaca atau memutar file suara yang sedang ingin kamu putar bisa menjadi salat satu masalahnya. Karena codec merupakan sejenis ‘driver’ yang dibutuhkan oleh aplikasi yang kamu jalankan untuk membaca kodifikasi atau data suara yang telah ditulis dalam file, seperti mp3, mp4, atau MKV. Meskipun kamu sudah menginstall driver yang tepat dan sesuai, tapi jika tidak memiliki codec untuk membaca file suara, maka aplikasi itu tidak akan bisa mengeluarkan suara dan akan mengakibatkan aplikasi menjadi error.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi codec, seperti K-Lite Codec Pack, ataupun aplikasi lainnya untuk membantu menginstallnya. Sehingga laptop kamu bisa bersuara kembali saat digunakan untuk nonton film atau video, serta untuk memutar musik atau lagu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bersuara. Penting untuk kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab nya, dengan begitu kamu akan tahu harus melakukan cara yang mana untuk mengatasi nya. Semoga bermanfaat dan semoga laptop kamu kembali bersuara.