Tutorial dan Cara Memperbaiki Kamera Gagal dan Error di Smartphone Android

Berfoto dijaman sekarang ini merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh orang, terutama kaum hawa. Selain berfungsi sebagai tempat mengabadikan setiap momen kamu, berfoto juga menjadi media untuk mengekspresikan diri kamu.

Berbeda dengan jaman sekarang, Jaman dulu jika ingin berfoto setidaknya harus memiliki sebuah kamera. Sedikit mengingat masa lalu, Perjalanan kamera dimulai dengan foto hitam putih jadul tak berwarna, namun kemudian berkembang hingga saat ini muncul kamera DSLR yang sangat canggih dengan berbagai macam warna.


Dengan adanya smartphone sekarang ini, kamu tidak harus memiliki kamera jika hanya ingin berfoto atau berselfie. Perkembangan smartphone yang sangat pesat membawa banyak sekali perubahan. Berbagai fitur penting disematkan dalam sebuah perangkat mungil yang memiliki banyak manfaat. Dan kamera merupakan salah satu fitur yang selalu ada dalam perangkat smartphone. Kini banyak sekali vendor smartphone berlomba-lomba memproduksi smartphone dengan kualitas kamera yang sangat bagus demi menghasilkan foto yang maksimal.

Maraknya budaya selfie yang menjamur di kalangan anak muda membuat para produsen smartphone semakin giat menghadirkan smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Dengan adanya fitur kamera beresolusi tinggi pada smartphone tentu membuat kegiatan fotografi menjadi lebih praktis dan mudah. Namun kadang kala ada saja penyakit yang menghampiri fitur kamera yang ada di smartphone. Sebagai contoh, Pernah kah kamu mengalami yang namanya kamera gagal atau error pada smartphone? Rasanya menjengkelkan bukan? Disaat kita ingin menangkap momen penting justru kamera smartphone tidak bisa digunakan seperti biasa.

Nah, di bawah ini akan di bahas cara memperbaiki nya.

Cara Memperbaiki Kamera Gagal dan Error Pada Smartphone Android

Berikut ini telah dirangkum beberapa cara memperbaiki kamera yang error pada smartphone android.

1. Lakukan Restart Atau Reboot Pada Smartphone

Trik pertama yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kamera smartphone yang tidak berfungsi dengan baik adalah dengan melakukan restart pada smartphone. Dengan melakukan reboot akan membuat sistem android beristirahat secara sejenak, sehingga jika ada error akan bisa teratasi otomatis.

Matikan smartphone kamu lalu lepas baterai, simcard dan sdcard nya selama beberapa menit. Kemudian pasang kembali dan nyalakan seperti biasanya, lakukan pengecekan apakah error pada smartphone sudah teratasi. Jika cara ini tidak mempan silahkan lanjut ke cara berikutnya.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Kamera

Jika cara di atas belum bisa mengatasi kamera gagal, maka kemungkinan error ada pada aplikasi kamera itu sendiri. Untuk itu kamu bisa mencoba untuk memberhentikan secara paksa aplikasi tersebut kemudian menghapus datanya.

Cara nya:
Masuk ke setting > manger aplikasi > pilih tab semua.
Cari aplikasi kamera > paksa berhenti > hapus data.

Lalu kamu tes aplikasi kameranya sudah bisa dibuka dengan normal. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi error pada kamera smartphone android.

3. Lakukan Factory Reset

Jika cara diatas masih belum bisa juga untuk mengatasi kamera smartphone yang error, cobalah untuk melakukan factory reset. Namun sebelum kamu melakukannya, silahkan backup data penting kamu agar tidak hilang.

Caranya masuk ke setting > cadangkan dan reset (backup and reset) > reset data pabrik (factory reset) lalu tunggu prosesnya hingga selesai. Setelah itu coba lagi apakah cara ini berhasil untuk memperbaiki kamera smartphone android.

Baca Juga: Tips Memilih Smartphone yang Memiliki Kamera Bagus

4. Gunakan Aplikasi Kamera dari Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi kamera smartphone andoid yang bisa kamu dapatkan di playstore maupun google secara gratis. Selain itu biasanya aplikasi kamera masa kini sudah dilengkapi dengan berbagai efek kamera, sebut saja seperti Camera 360 yang dulu sempat sangat fenomenal.

5. Lakukan Scanning Untuk Menghilangkan Virus yang Ada di HP Android

Virus adalah salah satu hal yang paling sangat tidak disukai oleh pengguna komputer ataupun smartphone. Jika sudah menginfeksi mereka sangat mengganggu dan bisa membuat smartphone tidak bisa berjalan secara normal. Hal inilah yang sering mengakibatkan kamera gagal serta error, virus yang bersarang di smartphone menghambat kinerja smartphone sehingga sistem terganggu. Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan scanning terhadap virus secara berkala. Hal ini sangat berguna dan bisa membuat kamera berfungsi kembali jika memang terdapat malware yang bersarang disana.

6. Bawalah ke Tempat Service

Nah jika semua cara diatas sudah tidak ampuh juga, kemungkinan yang mengalami kerusakan adalah pada hardwarenya. Jika sudah begini maka solusinya adalah dengan membawa ke tempat service smartphone terdekat. Biarkanlah para ahli yang mengobatinya hinggah sembuh sedia kala.

Demikian tutorial dan cara memperbaiki kamera gagal dan error di smartphone android. Semoga setelah mempraktekan tutorial diatas bisa memperbaiki kamera pada smartphone kamu. Jika sudah ada yang berhasil dengan cara di atas, silahkan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya.